Going Home

Tuesday, September 23, 2014

Silogisme & Fallacia (22 September 2014)

Pada pembelajaran kelima ini saya belajar mengenai Silogisme dan Fallacia.

Pertama kita akan membahas Silogisme. Apa itu Silogisme? Silogisme adalah suatu simpulan dimana dari dua putusan (premis2) disimpulkan suatu putusan yg baru.

Silogisme juga mempunyai prinsip seperti bila premis benar, maka simpulannya benar.

Silogisme juga ada dua bagian, yang satu silogisme kategoris dan hipotesis.

Nah kita akan membahas silogisme kategoris, pengertian silogisme kategoris adalah silogisme yg premis dan simpulannya adalah putusan kategoris (pernyataan tanpa syarat).
Contoh: M – P : Jika hari ini cerah , saya akan ke rumah kakek

  S – M : Hari ini cerah

  S – P : Maka saya akan kerumah kakek

Selanjutnya kita akan membahas Fallacia. Apa itu Fallacia? Fallacia adalah kesalahan
pemikiran dlm logika, bukan kesalahan fakta, tapi kesalahan atas kesimpulan krn penalaran
yg
tdk sehat
Di dalam materi fallacia ini adanya - Kesalahan fakta. contohnya orang batak ngomongnya
lembut,orang jawa ngomongnya keras.


-Kesalahan penalaran
-Kesesatan formal: pelanggaran terhadap kaidah logika.
-Kesesatan informal: menyangkut kesesatan dlm bahasa.

Pada hari ini Rm.Carolus memberi tugas buat semua kelompok, dan inilah hasil tugas kami 


Sumber diambil dari PowerPoint Filsafat Rm. Carolus

3 comments:

  1. bagus tampilan OK, tulisan jg padet dan jelas, trs foto-foto kegiatan jg bagus gue kasih 90 ya

    ReplyDelete
  2. Lucuuu blognyaa, ada foto kegiatannya juga gue kasih nilai 88

    ReplyDelete